Selain Hebat di Atas Panggung, Ireng Maulana Juga Memiliki Hobi Rumahan

ireng_maulana

Ireng Maulana adalah seorang pemusik jazz  kelahiran Jakarta 15 Juni 1944, Selain memiliki hobi bermain musik jazz, ternyata ia juga memiki hobi rumahan yaitu bercocok tanam. Menurut putra keduanya, Tomi, sang ayah memiliki koleksi berbagai jenis tanaman di pekarangan di rumahnya.

“Dia selalu ada aktivitas. Dia di rumah suka bercocok tanam, karena dia suka main tanaman, dia ada beberapa aktivitas rekaman juga. Ada proyek yang dia pengen rekam juga. Memang salah satu hobinya itu. Pokoknya tanaman ada aja dipupuk-pupukin, dicabut dan ditanamin lagi,” ujar Tomi saat ditemui di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat pada (6/3).

Sebelum meninggal, Ireng Maulana dalam keadaan sehat walau belakangan ini sering mengalami sesak napas. Bahkan sebelum meninggal, musisi bernama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana itu masih tampil dalam sebuah acara jazz di kawasan Senayan. Namun, nyawanya tidak tertolong saat dalam perjalanan ke rumah sakit. Oleh karena itu, Tomi tidak merasakan firasat sedikitpun.

“Hampir setiap hari saya bicara sama dia. Jadi nggak ada rasa (firasat) apa-apa. Kemarin baru jam 8 malam saya ngerasa nggak enak, saya pikir saya ingin telepon ke rumah menanyakan kabar bapak sama ibu. Karena setiap minggu kami suka ketemu. Tapi saya nggak telepon ke bapak, ke ibu yang angkat,” ujar Tomi.

Diakui sang istri, Maria Maulana semasa hidup, suaminya itu memang takut dokter dan selalu bilang sehat. “Orangnya takut dokter, takut penyakit. Dia memang udah agak pelupa. ‎Makan yang dilarang, makan apa dia nggak tahu, makannya juga agak seenaknya. Kalau sama saya, saya bilang nggak boleh,” pungkas Maria.

Ireng Maulana menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 6 maret 2016 kemarin akibat penyakit jantung. Rencananya jenazah akan dikebumikan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada esok hari, Senin (7/3).

LEAVE A REPLY