Rio Dewanto Ingin Ketuk Hati Pemerintah, Lewat Film Dokumenter

selebriti.co.id – Melalui kejadian konflik agraria yang terjadi di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, beberapa waktu yang lalu kini aktor Rio Dewanto yang sangat bersimpati dengan kejadian tersebut, dimana ia membuat sebuah film dokumenter. Rio yang mengunjungi Desa Mekar Jaya pada 7 Desember 2016 lalu, melalui channel YouTubenya merilis dokumenter mengenai konlflik agraria yang terjadi di Langkat.

Perlu kita ketahui, bahwa konflik agraria di Langkat ini merupakan bentrok yang terjadi akibat dari penggusuran secara paksa yang dilakukan terhadap para petani di Desa Mekar Jaya. Dimana konflik yang terjadi di Langkat terjadi setelah masuknya PT Langkat Nusantara Kepong Malaysia, yang akan mengambil alih operasional PTPN II Kebun Gohor Lama. Dalam kejadian ini, perusahaan asal Malaysia itu tengah berupaya menggusur para petani.

Melalui video kurang lebih berdurasi 13 menit ini, tentu saja Rio berharap bisa mengetuk hati masyarakat serta pemerintah pada kondisi yang di alami para petani di Desa Mekar Jaya tersebut, pada beberapa waktu yang lalu.

“Saya berharap setelah menonton film dokumenter tersebut, masyarakat bisa terpanggil untuk ikut membantu warga di Desa Mekar Jaya,” ungkap Rio.

Dalam proses pembuatan film dokumen yang telah Rio buat tersebut, ia mnuturkan bahwa ia sempat bermalam di rumah seorang petani Mekar Jaya di Langkat. Ini ia lakukan lantaran untuk mendengar serta merasakan bagaimana penderitaan yang tengah di alami para petani secara langsung.

Sewaktu disana Rio serta para timnya yang datang, ia melihat bagaimana para anak-anak Desa Mekar Jaya merasakan trauma yang di alaminya akibat bentrokan pada beberapa waktu yang lalu.

Rio juga berkomitmen untuk mengawal dalam penyelesaian konflik agraria di Langkat hingga masalah tersebut tuntas, serta berharap pemerintah lebih berpihak terhadap para petani tersebut.

Walaupun sebelumnya Rio, mengaku sangat kecewa terhadap tindakan para aparat keamanan dalam penggusuran yang di lakukan pada desa tersebut. Yang dimana mengakibatkan belasan para petani serta wanita dan anak-anak mengalami luka-luka

Tak ketinggalan Rio juga meminta tim kuasa hukumnya yakni Aris Marasibessy dan para partnernya untuk serta mendampingi para petani tersebut.

 

LEAVE A REPLY