Elvy Sukaesih

  • Whatsapp


Elvy Sukaesih, penyanyi dangdut yang sudah melegenda di Indonesia. Bahkan karena merupakan penyanyi yang ternama Ummi Elvy sapaan akrabnya disebut sebagai Ratu Dangdut Indonesia. Meski sudah berusia 56 tahun namun Elvy tetap tidak kehilangan keeksisannya di dunia dangdut.

Lahir di Jakarta pada tanggal 25 Juni 1951 silam. Elvy lahir di Sumedang, Jawa Barat dan memiliki nama asli Else Sukaesih. Ia memang memiliki obesesi besar untuk mengganti namanya menjadi Elvy Sukaesih karena termotivasi dari sebuah novel yang mengisahkan tentang tokoh wanita yang namanya Elvy.

Ummy Elvy sudah memiliki keturunan menyanyi dari sang ayah. Abah, begitu panggilan akrab ayahnya tersebut memang merupakan soerang pemusik yang sering mengisi berbagai acara nikahan di Jawa Barat. Sudah semenjak kecil ia dekat dengan dunia menyanyi.

Elvy Sukaesih mulai debut menyanyinya semenjak kelas 3 SD. Karir Elvy mulai dikenal di Indonesia semenjak tahun 1970-an kala itu ia mendampingi si Raja Dangdut Tanah Air yaitu Rhoma Irama di orkes melayu (OM) Soneta. Sebelum bergabung dengan Rhoma Irama dan Soneta, Elvy sudah memulai karir sebagai penyanyi solo dangdut yang juga sering kali tampil di layar kaca. Sampai saat ini Elvy masih dikenal sebagai penyanyi dangdut yang cukup eksis dan memiliki kualitas tinggi.

Elvy pun juga sudah membintangi banyak judul film tanah air setelah sukses di dunia menyanyi dangdut. Banyak film yang berhasil ia bintangi sewaktu usia muda. Diantaranya berjudul Tiada Seindah Cintamu, Jalal Kojal Palsu, Penasaran, Tuyul dan masih banyak lagi judul film lain yang ia bintangi pada tahun 70-an.

Istri dari orang tua bernama Zaidun Zeidh Abu Bakar Jindan ini mulai masuk ke dunia penyanyi dangdut pada tahun 1964 silam. Ia menikah di usia sangat muda yaitu 14 tahun. Pernikahan yang digelar tahun 1965 itu harus berakhir pada tahun 2002 karena sang suami meninggal. Mereka telah dikaruniai banyak anak yaitu Haedar, Fitria, Ali Zaenal Abidin, Syechands, Wirdha Zylvina, Dhawiya Zaida.

Nama lahir : Else Sukaesih
Lahir : 25 Juni 1951 (umur 64)
Jenis musik : Dangdut
Pekerjaan : Penyanyi, aktris
Tahun aktif : 1964 – sekarang
Perusahaan rekaman : Musica Studio’s
Orang tua : Muhamad Ali dan Rohayah Asiah
Agama : Islam
Suami : Zaidun Zeidh Abu Bakar Jindan (alm.)
Anak : Haedar, Fitria, Ali Zaenal Abidin, Syechans, Wirdha Sylvina, Dhawiya Zaida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *